Senin, 20 Agustus 2012

proses involusio uteri


Proses involusi uterus pada bekas implantasi plasenta,terdapat gambaran sebagai berikut :
1.    Bekas implantasi plasenta setelah plasenta lahir seluas 12 X 15 cm, permukaan kasar, dimana pembuluh darah besar bermuara.
2.    Pada pembuluh darah terjadi pembentukan trombose, disamping pembuluh darah tertutup karena kontraksi otot rahim.
3.    Bekas luka implantasi dengan cepat mengecil, pada minggu ke 2 sebesar 6 sampai 8 cm, dan akhir puerium sebesar 2 cm.
4.    Lapisan endometrium dilepaskan dalam bentuk jaringan nekrosis bersama dengan lokia.
5.    Luka bekas implantasi plesenta akan sembuh karena pertumbuhan endometrium yang berasal dari tepi lupa dan lapisan basalis endometrium.
6.    Kesembuhan sempurna pada saat akhir dari dari masa puerperium.

25 komentar:

  1. apalah mauu dibuat suster...
    kali ini ckup absen aja dlu ter...
    tadi khan dagh d bhas d kelas :)

    BalasHapus
  2. suster....
    ini junianti pasaribu:)

    BalasHapus
  3. siang suster....
    ini sya kristina lennita manik.....

    BalasHapus
  4. siang suster
    ne saya devi trinita L nahor

    BalasHapus
  5. siang suster ne devi trinita L nahor
    maaf ea suster baru comend
    :D

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. suster , saya friska .
      saya mau bertanya , apakah lama masa nifas persalinan normal dgn seksio itu sama ? atau lebih lama lagi ?

      Hapus
    2. makasih atas semangatnya suster
      kami sayang suster
      ^_^

      Hapus
  7. suster, saya lidwina ...
    saya sudah baca ...
    utk kelanjutannya ..
    qta tunggu ajj yahh ster ,,,

    BalasHapus
  8. suster jawab dunks pertanyaan.kku laa steerrr :)

    BalasHapus
  9. selamat siang suster , ini saya Kristiani Sembiring , AKBID II-B .

    BalasHapus
  10. Suster nie Elis Muharni...
    Saya mau bertanya ,,,apa yang mengakibatkan terjadinya subinvolusi???
    mksih suster...

    BalasHapus
  11. pagi suster
    saya mau tanya
    masa nifas 2-6 mingu
    apa saja yang kita lakukan pada ibu

    BalasHapus